Pages

4 Fakta Tentang London yang Mungkin Belum Anda Tahu




·        
London - Sebagai ibukota Inggris, London menjadi salah satu kota besar di Eropa dan diburu banyak turis saat liburan, mungkin termasuk Anda. Tapi sudah kenalkah Anda dengan kota ini? Berikut faktanya.

Siapa yang tak kenal London? Kota ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat kemegahan ibukota negara besar Inggris. Apalagi, tahun 2012 lalu perayaan olahraga terbesar sejagat, yakni Olimpiade 2012 digelar di London.

Walau ramai dikunjungi turis dari berbagai belahan dunia, ternyata tidak semuanya memuaskan. Bahkan, beberapa survei yang dikeluarkan terkait pariwisata London banyak yang menunjukkan kekecewaan pelancong. Meski begitu, kota ini juga memiliki banyak kelebihan yang tetap memikat banyak wisatawan.

1. Menyandang predikat 'Kota Terbaik di Dunia'

Di pertengahan tahun 2012 kemarin, London menyandang predikat sebagai kota terbaik di dunia. Predikat ini diberikan oleh situs pencarian traveling, TripAdvisor. Para traveler dari berbagai belahan dunia pun mengakui London menghadirkan pariwisata terbaik untuk turisnya.

"Baru saja menghabiskan lima hari di kota indah ini dari tanggal 5-10 Juli dengan istri dan ketiga anak saya. Kami menikmati Legoland, Madame Tussauds, London Eye, London Dungeon's dan HMS Belfast. Harga transportasi umum di London juga cukup terjangkau," tutur salah satu traveler asal Irlandia di situs TripAdvisor.

Bukan cuma traveler ini, pelancong asal Thailand juga memuji London. Ia menyukai pasar tradisional yang tersebar di London.

"Saya suka sekali pasar bunga di sebelah timur London pada Minggu pagi, sangat berwarna. Ada juga pasar Spitalfields pada hari Sabtu, di mana Anda bisa menemukan beragam pernak-pernik lucu," katanya.

Setelah London, kota yang menempati posisi kedua adalah New York, disusul oleh Roma di posisi ketiga. Selanjutnya ada Paris, San Francisco, Marrakech, Istanbul, Barcelona, Siem Reap, dan Berlin.

2. Menyandang gelar 'Kota dengan Hotel Terburuk di Dunia'

Kontras dengan gelar yang diterima London di pertengahan tahun 2012, di awal tahun 2013 London malah menerima gelar 'Kota dengan Hotel Terburuk di Dunia'. Gelar ini diberikan oleh situs perbandingan harga hotel, Trivago.co.uk, dan ditulis oleh situs berita Telegraph pada Jumat (25/1) kemarin.

Trivago.co.uk merangkum berbagai review yang ada di Booking.com, Expedia.com dan Hotels.com. Situs ini pun lantas membuat peringkat reputasi hotel di mata turis.

Hasil survei pun cukup mengejutkan. Dari 100 kota yang masuk dalam daftar, London ternyata berada di peringkat paling buncit. Ibukota Inggris ini mendapat nilai 73,42 persen. Bahkan, nilai ini lebih kecil dibanding Tokyo dan Hanoi yang masuk peringat 10 besar.

3. Surga belanja

Selain Paris, surga belanja bagi wanita adalah Kota London. Datang ke sini, traveler wanita bisa masuk ke kawasan yang dihuni oleh banyak toko baju. Dijamin lupa diri!

Jika tidak percaya, datang ke Bond Street yang berada di kawasan West London. Ini adalah daerah yang dihuni oleh deretan toko yang menjual barang bermerek, seperti Channel dan Burberry. Masuklah ke dalam tokonya, dan temukan barang incaran Anda yang mungkin sulit ditemukan di kota asal.

Lebih asyik lagi, turis yang datang ke Bond Street tak hanya bisa meluapkan hasrat belanjanya saja. Anda juga bisa menikmati pemandangan kota berbalut nuansa klasik.

4. Bisa meditasi di departement store

Ada hal unik yang dimiliki salah satu departement store di London, yaitu Selfridge. Pusat perbelanjaan ini memiliki silent room yang mungkin tidak ada di departement store lain.

Bukan cuma itu, Selfridge juga memiliki program yang diberi nama 'No Noise'. Ini adalah program khusus yang menyelenggarakan meditasi massal untuk pengunjungnya. Tak main-main, program ini pun bekerja sama dengan perusahaan khusus meditasi, yakni Headspace.

Di program ini, pengunjung akan dipandu untuk melakukan meditasi bersama dalam suatu ruangan. Semuanya diajak memusatkan pikiran hanya pada satu hal. Kegiatan meditasi ini pertama kali digelar pada 10 Januari 2013 kemarin.

0 komentar:

Posting Komentar